PROFIL EKSTRAKURIKULER
KOMPUTER
SDN 1 PARANGARGO
Alamat : Jalan Raya Parangargo No. 53 RT. 09 RW. 02
Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Kode Pos 65158
Telp. (0341) 834741 E-Mail : sdn1parangargo@gmail.com
Blog : sdn1parangargo.blogspot.com
A. Sejarah dan Latar
Belakang
Ekstrakurikuler komputer berdiri pada
tahun 2007, gagasan diadakannya ektra komputer antara lain adanya hubungan yang
sinergi antara sekolah, komite sekolah, paguyuban kelas dan wali murid. Dari kerjasama
inilah sampai detik ini ekstra kurikuler komputer tetap eksis di SDN 1 Parangargo.
Di era globalisasi yang sedemikian cepat berubah, perkembangan teknologi
informasi adalah salah satu unsur kebudayaan yang paling cepat perubahannya
dibanding unsur kebudayaan lainnya. Keadaan ini jika tidak disikapi maka bisa
menyebabkan “culture shock”/ kejutan budaya, seperti penggunaan internet yang
tidak diambil manfaat positifnya. Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) di SDN 1 Parangargo Berdasarkan KTSP 2006 mencakup bahan
kajian tentang Game Pendidikan dan office. Pada ekstra Komputer, konsep yang
ada dipelajari melalui pendalaman Teori dan Praktek, dengan
penyatupaduan/sinkronisasi tersebut melalui demonstrasi kerja, dimungkinkan
siswa mendapatkan nilai tambah yang berguna sebagai nilai tambah skill/
keterampilan yang diperlukan untuk mendukung kepentingan pendidikan pada
khususnya dan kepentingan praksis kehidupan pada umumnya. Demikian Komputer memiliki dimensi sebagai “applied science”.
B. Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan nasional
dengan membekali peserta didik keterampilan dan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi dan Seni melalui extra komputer.
C. Sasaran
Sasaran kegiatan extra tambahan ini
dimaksudkan sebagai daya dukung cita-cita SDN 1 Parangargo yang ingin bertekad
mewujudkan peserta didik menjadi “CERIA” yaitu Cerdas, mandiri dan Agamis.
Dengan penguasaan IPTEKS oleh peserta didik, maka SDN 1 Parangargo berusaha
mewujudkan tujuan pendidikan nasional
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan/extra Komputer
menekankan pada penguasaan software/ perangkat lunak. Hal ini dikarenakan SDN 1
Parangargo memiliki laboratorium Komputer yang memadai untuk memperdalam materi
software. Sedangkan untuk program teknisi yang lebih ke penguasaan
hardware, belum dilakukan karena beberapa pertimbangan seperti belum punya
sarana dan tenaga ahli dari intern SDN 1 Parangargo.
E. Susunan Personal
Di bawah struktur organisasi sekolah dari
kepala SDN 1 Parangargo yang merupakan fungsi garis koordinasi menejerial, di
sini perlu saya sampaikan susunan pelaksanannya sbb:
1. Kepala Laboratorium :
Juma’in, S.PdI
2. Pembimbing/tutor : Juma’in, S.PdI
F. Pembagian Tugas
Penanggung Jawab
1. Melakukan inventarisasi
barang di lab. Komputer dan penataan ruang dan Komputer berdasarkan topologi
jaringan yang efisien
2. Melakukan fungsi
maintenance/ pemeliharaan inventaris yang ada.
3. Memberikan laporan
kondisi barang – barang inventaris untuk diteruskan ke pihak sekolah
4. Melakukan pengawasan
penggunaan barang inventaris
5. Melaporkan kejadian –
kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan barang inventaris
Pembimbing/tutor
1. Melakukan pembelajaran
Komputer dengan baik dengan penyampaian materi, memantau dan mengawasi
penggunaan komputer
2. Mengarahkan peserta
didik untuk selalu melakukan scanning dari media memori external yang
dimasukkan ke port USB.
3. Mengarahkan siswa untuk
melakukan proses pengaktifan dan proses mematikan Komputer dengan prosedur yang
benar.
4. Mengaktifkan antivirus
sesuai kebutuhan
5.
G. Tata Tertib Penggunaan
Laboratorium Komputer
1. Penggunaan Komputer
a)
Siswa wajib melepas alas kaki selama memasuki ruang
laboratoriu komputer.
b)
Semua siswa aktif berhak atas pemanfaatan komputer.
c)
Siswa menjaga kebersihan laboratorium, dengan tidak memabawa makanan,
minuman ke ruang laboratorium.
d) Setiap siswa harus
mematikan komputer dengan prosedur yang benar setelah selesai menggunakan
komputer.
e)
Setiap siswa menata kembali/mengembalikan ke tempatnya barang dan peralatan
yang digunakan dan meninggalkan ruangan/tempat dalam keadaan tetap bersih.
f)
Siswa yang tidak mematuhi peraturan ini maka akan mendapat sanksi.
g)
Siswa dilarang merusak, memindahkan, atau mengambil hardware, software atau
fasilitas laboratorium tanpa seijin petugas laboratorium.
h)
Siswa berhak melaporkan program yang rusak/tidak terinstall dengan baik
kepada petugas lab.
i)
Siswa wajib berpenampilan rapi dan sopan di laboratorium sesuai dengan tata
tertib di sekolah.
j)
Siswa harus masuk dan keluar laboratorium dengan tertib.
2. Pengajaran
a)
Seluruh siswa wajib mengikuti praktikum komputer pada jam dan waktu yang
telah ditentukan
b)
Dalam hal siswa tidak dapat mengikuti extra komputer harus ada keterangan
kepada pembimbing extra
c)
Selama pengajaran berlangsung siswa dilarang bermain games atau membuat
keributan sehingga mengganggu siswa lain.
d) Siswa selain kelompok
yang sedang praktek dilarang memasuki ruangan kecuali pindah kelas karena
mengikuti extra yang lain.
e)
Ruang praktikum hanya boleh diisi maksimum sejumlah kelompok praktikum.
f)
Siswa berhak meminta bantuan kepada pembimbing lab. seputar masalah
pengoperasian perangkat komputer.
H. Inventaris Laboratorium
Komputer 2017
No.
|
Nama Alat
|
Kondisi
|
Jumlah
|
|
Baik
|
Rusak
|
|||
1.
|
PC Pentium
|
9
|
1
|
9
|
2.
|
Monitor CRT
|
6
|
6
|
|
3.
|
Monitor LCD
|
3
|
3
|
|
4.
|
Proyektor LCD
|
1
|
1
|
|
5.
|
Layar Screen
|
1
|
1
|
|
6.
|
Meja Komputer
|
12
|
3
|
9
|
7.
|
Printer Epson L120
|
1
|
1
|
|
8.
|
Kursi
|
13
|
13
|
|
9.
|
Speaker
|
1
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar