I.
LATAR BELAKANG/LANDASAN PROGRAM
Dari tahun ketahun peminat
masyarakat untuk menyekolahkan putra/putrinya ke SDN Parangargo 01 tetap stabil. Hal ini terbukti
dengan rata – rata yang tetap dan stabil berkisar 30 s.d 40 peserta didik baru.
Pendaftar baru 99 % berasal dari TK dan 1 % dari rumah
tangga.
Proses pendidikan di SDN
Parangargo 01 dilaksanakan dengan
memperhitungkan waktu seefektif mungkin sesuai dengan hari efektif yang ada
dalam kalender pendidikan. Sedangkan kegiatan-kegiatan lain dilaksanakan di
luar heri efektif. Misalnya komputer,
Drum band, dan pramuka.
Agar dapat memenuhi harapan
masyarakat SDN Parangargo 01 dalam menyelenggara
kan pendidikan dan pengajaran berusaha mencapai hasil yang optimal dengan
meningkatkan kualitas sekolah.
Sekolah wajib menyusun pelaksanaan
operasional pendidikan dan pengajaran dalam bentuk program kerja sekolah.
Program kerja tersebut dibuat berdasarkan kondisi riil dan sesuai dengan
situasi yang ada. Dengan program kerja ini diharapkan mampu memberikan gambaran
secara menyeluruh terhadap langkah-langkah yang dilaksanakan secara konkrit dan
kegiatannyadapat dievaluasi.
II.
TUJUAN
Tujuan SDN Parangargo 01 yaitu mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. Pendidikan Nasional bertujuan
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembang-kan manusia Indonesia
seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berbudi pekerti luhur, merniliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Kebijakan sekolah yang tertuang dalam program kerja
SDN Parangargo I bertujuan :
1. Meningkatkan mutu sekolah sehingga
menghasilkan lulusan yang berprestasi
baik, bermoral serta berakhlaq mulia.
2. Meningkatkan kegiatan administrasi sekolah sehingga
menghasilkan administrasi yang tertip sesuai dengan aturan yang berlaku.
3. Memberikan
landasan dan arah yang konkrit bagi pengelola pendidikan untuk memperbaiki
kinerja dan inovasi pendidikan.
4.
Sebagai pedoman bagi pelaksanaan program kerja
ditahun mendatang dan evaluasi perbaikan kedepan.
BAB II
KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH
I. IDENTITAS SEKOLAH
1. No Statistik Sekolah : 101051825001
Nama Sekolah :
SDN Parangargo 01
Alamat : Jl. Raya Parangargo No. 53 RT. 09 RW. 02
Kelurahan : Parangargo
Kecamatan : Wagir
Kabupaten : Malang
Kode pos : 65158
2. SK Ijin Pendirian Sekolah
Nomor: 1929/ SR VI Wagir/
Sekolah Rakjat / 1-5-1948
3. Fasilitas:
a. Status Pemilikan
Tanah : Luas tanah SDN Parangargo
01 : 1276 m2
Luas bangunan :
414 m2
Luas halaman :
300 m2
b. Lokal (Ruang):
1) Ruang Kepala
Sekolah : 1 ruang luas 24
m2
2) Ruang Kantor : 1 ruang luas 49 m2
3) Ruang Perpustakaan : 1 ruang luas 56 m2
4) Ruang UKS : 1 ruang luas 6 m2
5) Mushola : 1 ruang luas 12 m2
6) Ruang kelas : 8 ruang luas 450 m2
7) Ruang Komputer : 1 ruang luas 49 m2
8) Rumah Dinas Kepala
Sekolah : 1 ruang luas 45 m2
9) Rumah Dinas guru : 1 ruang luas 45 m2
10) Kamar kecil
Guru :
1 ruang
Murid :
4 ruang
4. Ketenagaan:
a. Kepala Sekolah : 1 orang
b. Guru kelas : 9 orang
c. Guru Bahasa Inggris : 1 orang
d. Guru Olah Raga : - orang
e. Guru Agama Islam :
1 orang
f. Tata Usaha : 1 orang
d. Penjaga :
1 orang
5. Kesiswaan:
Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2017/2018
a. Kelas 1 : 45 orang
b. Kelas 2 : 43 orang
c. Kelas 3 :
43 orang
d. Kelas 4 : 39 orang
e. Kelas 5 : 49 orang
f. Kelas 6 : 37 orang
Jumlah : 256 orang
II. R1WAYAT SEKOLAH
Pada tahun 1929 berdirilah sebuah sekolah yang pada saat itu
disebut Sekolah Rakyat (SR). Sekolah itu pertamanya terdiri dari satu lokal
yang dibangun di atas tanah ang pada waktu itu diberi oleh pemerintah desa (hak
pakai) kepada masyarakat setempat. Data awal buku induk tertulis 1 Mei 1948. Sekolah itu
lambat laun berkembang menjadi besar. Dengan berkembangnya jumlah murid maka
penambahan jumlah lokalpun dilakukan. Yang dulunya satu lokal berkembang
menjadi 6 (enam) lokal. Bahkan karena jumlah lokal tidak mencukupi SDN
Parangargo I akhirnya dipecah menjadi dua yaitu SDN Parangargo II dan SDN
Parangargo III. Dengan kekurangan
tenaga pendidikan maka SDN. Parangargo III di merjer menjadi
satu dengan SDN. Parangargo I.
Adapun Kepala Sekolah yang pernah menjabat di
SDN Parangargo I adalah:
1. HARJO
2. RANU
3. HADI
SOENARYO
4. PUDJI
BARNOWO
5. Drs. WINARDI
6.
SUWADJI, S.Pd.
7.
SUGIMO. S.Pd.
8.
PAIMAN UMAR HAMSAH
9.
J. SUWARDIANTO, S.Pd
10. Drs. R. MUJI PRIYANTO
11.
Drs. IMAM SODIQIN, M.PdI
III. KEGIATAN EKSTRA KURIKULER:
- Drumband
- Komputer
- Pramuka
- Karawitan
- Seni Tari
IV. PRESTASI SISWA TAHUN PELAJARAN 2004 - 2005
a. Lomba Siswa Berprestasi : Juara I untuk putri Tk.
Kecamatan
b. Lomba Mata Pelajaran : Juara I bidang study Matematika
c. Lomba Pantomim mewakili Gugus :
Juara III Tk. Kabupaten
PRESTASI
SISWA TAHUN PELAJARAN 2013-2015
Lomba Mata Pelajaran : Juara II :
Juara Siswa Prestasi Tk. Kec. Pi
Juara Hrp III : Juara
Siswa Prestasi Tk. Kec. pa
PRESTASI
SISWA TAHUN PELAJARAN 2008 - 2015
a. Lomba
Olah Raga : Peringkat 18 dari 31
Kab./Kota seprov. Jatim (pi)
Peringkat 31 dari 34 Kab./Kota seprov. Jatim
(pa)
b. Lomba
MIPA : Peringkat I kec.
Wagir (Nama : Soufi Laksana)
Peringkat II kec. Wagir (Nama : Agung Dwi K.)
c. Lomba
Pantomim :
Peringkat I kec. Wagir (Nama : Widi Riyantoni dan
Yusuf Efendi)
PRESTASI
SISWA TAHUN PELAJARAN 2066 - 2017
a.
Lomba Drumband : Peringkat II kec. Wagir
V. PRESTASI KADEMIK HASIL UAN 2007 - 2016
No.
|
Tahun
|
Peringkat Kecamatan
|
Peringkat Kabupaten
|
Peringkat provinsi
|
Keterangan
|
1.
|
2007/2008
|
11
|
Jumlah SD 35 sekecamatan
|
||
2.
|
2008/2009
|
10
|
|||
3.
|
2009/2010
|
1
|
|||
4.
|
2010/2011
|
10
|
|||
5.
|
2011/2012
|
15
|
|||
6.
|
2012/2013
|
18
|
|||
7.
|
2013/2014
|
||||
8.
|
2014/2015
|
||||
9.
|
2015/2016
|
||||
10.
|
2016/2017
|
110
|
PERMASALAHAN
DAN CARA MENGATASINYA
Program sekolah mengacu pada kondisi obyektif dan rencana
kerja tahunan.
Sehubungan
dengan pelaksanaan UAS yang mana semua mata pelajaran harus diujikan kepada anak-anak
maka kami mengambil kebijakan bahwa semua mata pelajaran harus diajarkan kepada
anak secara merata, dalam arti tidak ada mata pelajaran yang dianak tirikan.
Hal ini dapat diketahui dalam program-program kami. Selain itu dapat diketahui
juga permasalahan-permasalahan yang ada serta usaha-usaha untuk mengatasinya.
Hal tersebut kami cantumkan sbb:
No.
|
Pokok Masalah
|
Perrnasalahan
|
Alternatif Pemecahan Masalah
|
Faktor Pendukung
|
Faktor Penghambat
|
Ket.
|
1.
|
Ketenagaan
Guru
|
1. Kurangnya
tenaga PNS
2. Kurang
kreatif dan
Disiplin masuk
|
1.
Pengangkatan GTT
2.
Pembinaan umum dan individu
3.
Studi banding
2.
Disediakan buku-buku
|
Dukungan
dari Komite dan paguyuban. Lokasi dekat pusat kota kecamatan
|
Anggaran
terbatas untuk honor pegawai.
|
|
2.
|
Sarana/Prasarana
Ruangan
|
Kurangnya
ruangan untuk kelas
|
Membangun
ruang kelas
|
Dana dari
pemerintah- DAK
|
Lahan
terbatas
|
|
3.
|
Pembelajaran
Prestasi hasil belajar
|
Prestasi
siswa tidak Optimal
|
Pemberian
motivasi belajar Tambahan pelajaran Mengadakan belajar kelompok
|
Kesediaan
murid Kesediaan guru
Orang tua
murid
|
Waktu
terbatas
Dana
terbatas
|
Metode
mengajar
|
Metode
pengajaran kurang tepat
|
Memperbaharui
metode.
Guru
ikut KKG
Penataran
membuat alat peraga.
|
Guru
mau mencoba Sekolah memberi kesempatan.
|
Materi luas banyak.
Sarana kurang memadai.
Waktu
terbatas
|
.
|
|
Alat peraga
|
Alat peraga
memadai.
|
Belajar
melalui petunjuk teknis
|
Ada kemauan
dan kemampuan.
|
. Waktu
terbatas.
|
||
Siswa
|
Semangat
belajar kurang.
|
Bentuk
kelompok belajar Tambahan pelajaran
Latihan
soal-soal.
|
Ada
kesediaan guru
Ada kemauan
siswa.
|
Waktu
terbatas.
Target
Kurikulum
|
||
4.
|
Peran serta
|
|||||
Masyarakat Siswa
|
Menghadapi
masa remaja
|
Pembinaan
pribadi
Kegiatan
rohani
|
Peran
orang tua
Peran
guru kelas
|
Terlalu
banyak siswa Pendekatan pribadi terbatas.
|
||
Perhatian
|
Siswa kurang
mendapat perhatian dari orang tua.
|
Pertemuan
orang tua murid Kunjungan keluarga Pendekatan pribadi
Perhatian
pada anak yang membutuhkan.
|
Kesediaan
orang tua untuk hadir.
Kepedulian
pihak sekolah. Keterbukaan siswa.
|
Orangtua
sibuk
Waktu
sekolah terbatas.
|
||
5.
|
Pemberdayaan
siswa Nilai siswa tidak optimal
|
Semangat
belajar siswa menurun
|
Menciptakan
lingkungan yang kondusif.
Menjaga
ketenangan
Diberi
tambahan pelajaran Banyak latihan-latihan
|
Tempat
sekolah strategis Dibentuk kelompok belajar siswa
Lingkungan
fisik
|
Fasilitas
kurang Motivasi belajar kurang
|
Kurang perhatian orang tua
Fasilitas belajar kurang memadahi
|
Fasilitas belajar memadai
Diberi motivasi
Pertemuan dengan orang tua
Menginformasikan harapan anak
kepada orang tua
Memberi perhatian pada siswa
Memberi kesempatan belajar yang
cukup
Memberi fasilitas belajar yang
dibutuhkan
Membentuk kelompok belajar
|
Sekolah baik
Jarak dengan sekolah dekat
Kesehatan siswa
|
Orang tua kurang mampu
Orang tua sibuk
Orang tua kurang peduli dengan
kebutuhan anak-anaknya
Ekonomi pas-pasan
Tidak memiliki ruang belajar
|
BAB
IV
PROGRAM
KERJA TAHUN 2017/2018
NO
|
URAIAN
|
WAKTU
|
DANA
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
2
3.
|
UMUM
1. Mengadakan Rapat
1.1.Mengadakan rapat permulaan Tahun Pelajaran Baru.
1.1.1.1 Mengadakan evaluasi
program kerja tahun 2016/2017.
Segala kekurangan perlu
dikaji dan mencari solusi yang tepat, sedang keberhasilan perlu ditingkatkan
pada tahun 2017/2018.
1.1.1
Menyusun rencana kerja Kepala Sekolah Tahun 2017/2018.
1.1.2
Rapat dewan guru/membagi tugas mengajar.
1.1.3
Membagi tugas guru pada bidang keuangan.
1.1.4
Membagi tugas guru pada bidang administrasi.
1.2
Rapat bersama komite sekolah
1.3 Membuat RAPBS Tahun Pelajaran 2017/2018.
1.4
Penerimaan murid baru
1.5
Mengadakan rapat rutin dewan guru dan penjaga yang
berisi:
1.5.1 Pembinaan aparatur
1.5.2 Penyampaian informasi Dinas.
1.5.3 Peningkatan profesional guru.
1.5.4 Merumuskan kebijakan.
1.5.5 Memecahkan permasalahan yang muncul.
1.6 Rapat Kepala Sekolah
diadakan rutin satu bulan sekali
yang berisi:
1.6.1 Pembinaan aparatur
1.6.2 Penyampaian Dinas
1.6.3 Meningkatkan profesional
Kepala Sekolah
1.6.4 Merumuskan kebijakan Kepala
Sekolah
1.6.5 Memecahkan permasalahan yang
muncul di sekolah-
sekolah.
1.7 Perencanaan program KBM
2.
Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)
Tahun Pelajaran 2017/2018
dicanangkan tahun prestasi, maka semua kegiatan harus diupayakan menghasilkan
prestasi yang maksimal (diharapkan memperoleh juara).
2.1 HUT Kemerdekaan (17
Agustus Th 2017) mengikuti kegiatan yang dikeluarkan oleh panitia tingkat
kecamatan.
2.1.1
Panitia tingkat sekolah:
Ketua : Drs. Imam Sodiqin,
M.PdI
Sekretaris : Yayuk Isnaeni Puspaningsih, S.Pd.
Bendahara : Ninis Indarwati, A.Ma.Pd.
Anggota : Semua guru
2.1.2
Mempersiapkan siswa sebaik-baiknya untuk mengha-
silkan juara.
2.1.3
Membagi tugas guru dalam mempersiapkan/melatih
Siswa peserta lomba.
2.2 Hari Kartini (21 April
2017)
2.2.1 Panitia :
Ketua : Yulianita
RD, S.Pd
Sekretaris :
Yayuk Isnaeni. Puspaningsih.
Bendahara :
St. Umi Hanik, S. Ag.
Anggota : Semua guru.
2.2.2
Mengadakan upacara di sekolah
2.2.3
Mengadakan Bazar anak-anak dihadiri orang tua murid.
2.2.4
Mengadakan lomba busana Kartini kecil, dengan kriteria yang
ditentukan oleh panitia.
2.3
Hari Pendidikan
Nasional
2.3.1
Panitia Hardiknas:
Ketua : Ninis Indarwati, A.Ma Pd
Sekretaris : Yulianita R. D
Bendahara : Mutiyah, S.Pd.
Anggota : Semua guru
2.3.2
Mengikuti upacara Hardiknas tingkat Kecamatan.
2.3.3
Lomba guru teladan: dipersiapkan.
3.
Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
Panitia:
Ketua : ST. Umi Hanik, S.Ag.
Sekretaris : Ninis Indarwati, A.Ma Pd
Bendahara : Yayuk Isnaeni. P, S.Pd.
Anggota : Semua guru
Jenis kegiatan
meliputi:
3.1 Tahun Baru Islam (1 Muharam)
Mengikuti agenda Kecamatan
3.2 Maulid Nabi Muhammad SAW
3.3 Hari Raya Idul Fitri
mohon maaf kepada guru)
3.4 Hari Raya Qurban
a.
Melatih siswa dalam Qurban membeli 1 ekor kambing dipotong
di sekolah dan dibagikan pada yang berhak menerima.
4.
Persiapan Lomba Siswa
5.
Pengisian Buku-buku Administrasi siswa (Buku induk,
Buku Klaper, Buku
Mutasi)
6.
Pengisian Buku Personalia
7.
Membuat Laporan
8.
Mengadakan Ulangan Harian
9.
Mengadakan Ulangan Semester
10. Mengadakan Ujian Akhir
Sekolah
11. Penerimaan Rapor
12. Pengisian Data di papan
13. Mengadakan rapat bersama
Wali murid dan Komite
14. Liburan Sekolah
14.1 Liburan sekolah diisi kegiatan
14.1.1 Kegiatan tengah semester
I : Pertandingan Olah Raga satu gugus
14.1.2 Kegiatan tengah semester
II :
14.1.3 Liburan semester I :
14.1.4 Liburan semester II : Rekreasi / Pentas Seni, guru menyelesaikan
administrasi.
14.2
Liburan bulan puasa diisi kegiatan:
14.2.1 Pondok Romadlon.
a. Panitia:
Ketua
: ST. Umi Hanik, S. Ag
Sekretaris :
Indah Rahayu.
Bendahara :
Ninis Indarwati, S.Pd
Anggota : Semua guru
b. Peserta
kelas IV, V, VI
c. Merencanakan : Tipe C
14.2.2
Buka bersama : guru, Komite, dan anak-anak.
KESISWAAN
1. Penerimaan Siswa Baru
1.1 Membuka panitia PMB
Ketua :
Drs. R. Muji Priyanto
Sekretaris :
Yayuk Isnaeni, S.Pd.
Bendahara : St. Umi Hanik, S.Ag.
Anggota : Yulianita R.D, A.Ma.Pd
Ika Nur Rohmawati, S.Pd
1.2 Menyiapkan blanko S1,
S2, S3.
1.3 Pelaksanaan bulan Juni 2017
1.4 Ketentuan
diatur sesuai peraturan yang berlaku dari Dinas.
1.5 Pengumuman bulan Juli 2017
2. Menetapkan Target Sekolah.
2.1
Target penerimaan siswa baru 40 anak.
2.2
Target drop out 0 %
2.3 Target absensi 1% (satu
tahun)
2.4 Target tidak naik
sekolah 2%
3. Mengadakan Persiapan Lomba
3.1 Siswa berprestasi mulai guru
kelas III, IV sudah menentukan seorang calon siswa berprestasi dan melakukan
pembinaan.
Ketua kelas, Petugas
upacara, PKS, Petugas Perpustakaan, dll.
dll.
3.2 Lomba Mata Pelajaran
dipersiapkan:
a. IPS/PPKN : Yayuk Isnaeni P. S.Pd
b. Matematika : Yulianita R.D., S.Pd
c. B.Indonesia : Ninis Indarwati
d. IPA : Yayuk Isnaeni P., S.Pd
e. Kesenian :
Aulia Febriana, S.Pd
Sejak kelas III anak tersebut sudah dibina
dan di kelas V
Diikutsertakan lomba.
3.3 Menyiapkan siswa untuk
mengikuti lomba hari anak
nasional.
4. UN / US
4.1 Pendaftaran peserta.
4.1.1 Mengoreksi nama, tempat
tanggal lahir anak, nama orang
tua sesuai kelahiran/surat tanggal
lahir.
4.1.2 Menulis data tersebut pada
blanko S.15
4.2 Bimbingan belajar
4.2.1 Mengadakan rapat orang tua
siswa kelas VI, koordinasi
pelaksanaan tambahan belajar (pagi
jam 06.00, siang
pulang jam 14.00, atau sore hari jam
15.00).
4.2.2 Pelaksanaan les dimulai pertengahan
semester I.
4.2.3 Satu minggu
menjelang UAS disusun jadwal khusus
mulai pagi, sore dan malam hari dengan memintakan ijin
kepada orang tua.
4.3
Pembentukan Panitia, Pengawas Korektor.
4.3.1 Susunan Panitia UN & US
Tahun pelajaran 2017/2018
a. Ketua : Drs. R.
Muji Priyanto
b.
Sekretaris : Yayuk Isnaeni. P
c. Bendahara : St. Umi Hanik
d. Anggota : Yulianita RD, A.Ma Pd
Ninis Indarwati
4.3.2 Pengawas:
a.
Ninis Indarwati
b.
Selvy Krisnasari
c.
Catur Kristina
d.
Yulianita R.D.
4.3.3 Korektor:
a.
Yayuk Isnaeni.P
b.
Siti Umi Hanik
4.4 Menyiapkan Administrasi.
4.4.1 Administrasi Peserta
a.
Pas Foto ukuran 3 x 4
b.
Tanda Peserta
c.
Buku daftar hadir
d.
Buku nilai
4.4.2 Administrasi pelaksanaan.
a.
Tata tertib peserta
b.
Nomor bangku
c.
Berita acara
d.
Daftar nilai
e.
Nomor ruang
f.
Denah ruangan
g.
Denah sekolah
h.
Tulisan “Harap Tenang Ada Ujian”
i.
Map berisi Denah, Daftar Hadir, Pencil, Gunting kecil,
bollpoin dll.
4.4.3 Administrasi Pengawas
a.
Jadwal pengawas
b.
Daftar hadir pengawas
c.
Tata tertib pengawas
4.4.4 Administrasi Pasca
a.
Sampul STTB
b.
Blanko nilai US
c.
Blanko nilai keberhasilan
d.
Buku Penerimaan STTB
4.5.1 Pengawas setengah silang
4.5.2 Korektor silang per Desa.
4.6 Pelaksanaan.
4.6.1 UAS Praktek:
a.
Praktek Agama : ST. Umi
Hanik
b.
Praktek B.Indonesia : Yulianita R.D.
c. Praktek IPA : Yayuk Isnaeni
d.
Praktek Olahraga : Agus
Widiyanto
e.
Praktek Kertakes : Ninis Indarwati
4.6.2 US Tulis.
a.
Dijadikan dua ruang dengan pengawas silang penuh
b.
Membentuk piket keberhasilan dari kelas V
c.
Daftar pelajaran: Agama, PPKN, Bhs. Indonesia, IPS,
Ipa, Matematika, Bhs.
Daerah, Bhs. Inggris.
4.7 Target Nilai US Th. 2017/2018
4.7.1 Rata-rata nilai UAS
ditargetkan: 24,00 (Rata2 :
8,00)
4.7.2 Melanjutkan sekolah 100%
5. Kegiatan Ketertiban,
kebersihan, keindahan.
5.1 Ketertiban
5.1.1 Melaksanakan tata tertib
siswa secara konsekwen.
5.2 Kebersihan.
5.2.1 Setiap siswa dibentuk
kelompok-kelompok kebersihan.
5.2.2 Setiap siswa berkewajiban
menjaga kebersihan kelas serta halaman sekolah.
5.2.3 Dibiasakan membuang sampah
pada tempat yang telah disediakan.
5.2.4 Kebersihan Kantor, perpustakaan,
UKS dibebankan kepada petugas kelas VI.
5.3 Keindahan.
5.3.1 Keindahan kelas.
a.
Guru kelas bersama siswanya berkewajiban menata kelasnya.
b.
Keindahan kelas meliputi: menata data, gambar, mebelair,
serta penambahan pot-pot bunga di muka kelas.
5.3.2 Keindahan halaman.
a.
Pengaturan taman sekolah hendaknya tidak mengurangi
kebebasan siswa bermain.
b.
Perawatan taman sekolah ditanggung semua guru dan
siswa.
5.3.3 Menyiapkan/membina Dokter
kecil.
6. Administrasi kesiswaan.
6.1 Buku Induk Siswa (Form. S.4)
6.1.1 Dikerjakan oleh guru.
6.1.2 Dikontrol oleh Kepala Sekolah
2 kali setahun
6.2 Buku Klaper (Form. S.5)
6.2.1 Dikerjakan setiap ada murid
baru dan jika terjadi mutasi, oleh guru kelas.
6.2.2 Dikontrol oleh Kepala Sekolah
2 kali setahun.
6.3 Jumlah siswa menurut kelas asal
dan jenis kelamin (S.6)
6.4 Jumlah siswa menurut kelas dan
jenis kelamin, dan usia
(S.7)
6.5 Buku absensi harian siswa,
rekapitulasi harian, rekapitulasi bulanan, rekapitulasi tahunan (S.8
s/d S.11)
6.6 Surat permohonan dan surat
pindah (S.12 dan S.13)
6.7 Mutasi siswa selama satu
semester (S.14)
6.8 Pendaftaran masuk SLTP/MTs.
(Form. S.18)
6.9 Daftar kenaikan kelas, Rekapitulasi
siswa naik dan keberhasilan (Form. S.19 dan S. 20)
7. Pembinaan Ekstra Kurikuler.
7.1 Jenis kegiatan ekstra
kurikuler.
7.1.1 Pramuka
7.1.2 Olahraga
7.1.3 Senibaca Al Qur’an
7.2 Pelatih dan pendamping
7.3 Kewajiban pendamping
7.3.1 Mendata peserta
7.3.2 Mengisi daftar hadir
7.3.3 Mengisi berita acara
latihan
7.3.4 Meminta nilai, untuk
diserahkan kepada guru kelasnya masing-masing.
7.4 Jadwal pelaksanaan
Latihan Pramuka dilaksanakan hari Sabtu jam13.00-15.00
8. Karyawisata
8.1 Karyawisata kelas VI.
Diprogramkan mengadakan karyawisata ke
………………
pada liburan panjang.
8.2 Karyawisata khusus.
Sebagai sarana kekeluargaan dan
kebersamaan, perlu di
adakan karyawisata khusus Guru dan
Komite Sekolah.
PROGRAM PENGAJARAN
1. Menyusun Jadwal Pelajaran
1.1 Menentukan komposisi
guru kelas.
1.2 Menentukan Guru mata
pelajaran
1.3 Menentukan pembina
Kegiatan Ekstra Kurikuler.
1.3.1 Koordinator Pramuka :
Roni D. P. & Ika Nur R.
1.3.2 Koordinator Kesenian :
Yayuk Isnaeni
1.4 Menentukan tugas
tambahan guru:
1.4.1 Kurikulum SD : Selvy Krisnasari, S.Pd.
1.4.2 Administrasi Sekolah : Yulianita
RD., A.Ma Pd
1.4.3 Sarana dan Prasarana : Jumain
1.4.4 Ketenagaan : Selvy Krisnasari, S.Pd.
1.4.5 Pembi. Koperasi Sekolah : St. Umi Hanik, S. Ag.
1.4.6 Kesiswaan : Yayuk Isnaeni P, A.Ma.Pd.
1.4.7 Humas : Roni Dwi
Paryogo, S.Pd
1.4.8 Lingkungan sekolah : Tohir
1.5 Sebagai pedoman menyusun
jadwal sbb:
1.5.1
Masuk mulai pukul 07.00
1.5.2
Jumlah jam dalam 1 minggu
1.6 Berdasarkan pembagian
tugas mengajar tersebut, maka
Masing-masing kelas
menyusun jadwal pelajaran.
2. Mengadakan Supervisi
2.1 Supervisi Administrasi
Kelas.
2.1.1 Data kelas
2.1.2 Bank data
2.1.3 Silabus
2.1.4 Program pengajaran
2.1.5 Buku persiapan mengajar
2.1.6 Buku analisis
2.1.7 Buku BP
2.1.8 Buku penerimaan rapor
2.1.9 Buku tamu kelas
2.1.10 Bank soal
2.1.11 Papan presensi kelas
2.1.12 Buku/kartu pribadi
2.1.13 Buku notulen
2.1.14 Buku keuangan kelas
2.1 15 Map dokumen kelas.
2.2 Supervisi kegiatan belajar
mengajar
2.2.1
Apersepsi
2.2.2
Metode mengajar
2.2.3
Penggunaan alat peraga
2.2.4
Aktivitas murid
2.2.5
Pencapaian target
2.2.6
Buku murid
2.2.7
Buku pegangan guru
2.2.8
Post test.
2.3
Supervisi lingkungan
2.3.1
Kebersihan kelas.
2.3.2
Kerapian kelas.
2.3.3
Keamanan kelas.
2.3.4
Keindahan kelas.
2.3.5
Kelestarian lingkungan kelas.
2.3.6
Kelengkapan perabot kelas.
3. Menyusun Program Pengajaran.
3.1 Analisis hari efektif.
3.2 Menetapkan alokasi
waktu.
3.3 Menyusun program
semester.
3.4 Mengadakan analisis
materi pelajaran.
3.5 Membuat persiapan
mengajar.
4. Menyajikan Program Pengajaran.
4.1
Setiap menyajikan pelajaran harus ditulis pada jurnal kelas.
4.2 Setiap menyajikan
pelajaran, diharapkan selalu berusaha
menggunakan alat peraga, untuk mengutamakan ketrampilam proses.
4.3
Setiap menyajikan pengajaran, diharapkan tidak monoton (selalu
metode ceramah), tetapi bervariasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab,
karyawisata, dll.
4.4
Setiap menyajikan pelajaran usahakan
anak siap menerima dengan konsentrasi, dalam hal ini daya
tarik guru mutlak diperlukan sehingga proses belajar mengajar jadi menarik
dan anak termotivasi untuk selalu ingin tahu.
4.5 Setiap hari setelah anak
selesai berdo’a guru hendaknya
Selalu memberikan
pembinaan aklaq, sopan santun dan tata tertib sekolah.
4.6 Apabila tidak sangat penting,
guru diharapkan tidak meninggalkan kelas selama proses belajar mengajar.
4.7 Target kurikulum 100%.
5. Evaluasi.
5.1 Setiap mata pelajaran
harus diadakan evaluasi:
Format minimum 4 x,
berikan penilaian pekerjaan rumah, dan perbuatan.
Penilaian Sumatif ketentuan sbb:
5.1.1
Bentuk soal pilihan ganda, isian dan uraian.
5.1.2
Setiap membuat soal, dibiasakan menyusun kisi-kisi.
5.2 Soal diketik rapi,
diberi lembar jawaban, digandakan.
5.3 Hasil evaluasi dikoreksi
ditanda tangani guru, diketahui orang tua siswa, dikembalikan ke sekolah,
disimpan di map masing-masing anak.
6. Analisis hasil Evaluasi.
6.1 Tingkat kesukaran : 0,24 : sukar
0,25 – 0,75 : sedang
0,76 : mudah
6.2 Perbandingan mudah : sedang :
sukar 1: 2 : 1
Daya pembeda : 0,40 : digunakan
0,20 – 0,39 : direvisi
0,19 : diganti
6.3 Analisis hasil evaluasi: untuk
mengetahui daya serap, untuk proses
perbaikan/pengayaan.
7. Program Perbaikan dan Pengayaan.
Untuk
meningkatkan kualitas, perlu ditetapkan standar daya serap sekolah sbb:
7.1 Siswa tuntas bila daya serapnya 70%.
7.2
Kelas tuntas bila daya serapnya 70%.
7.3
Anak yang memperoleh nilai 6,9 diadakan program perbaikan.
7.3.1
Mengulangi penjelasan tersebut sampai anak mempero-
leh nilai 7,0 keatas.
7.3.2
Apabila tetap belum mampu, perlu
memanggil orang
tuanya.
7.4
Anak yang memperoleh nilai 7,0 keatas diadakan program
pengayaan, dengan cara
yang ditentukan guru.
8. Program Bimbingan dan
Penyuluhan.
Bimbingan dan penyuluhan dilakukan oleh guru kelas guru
Lain yang ditunjuk, dengan pedoman pelaksanaan:
8.1 Preventif: mencegah jangan
sampai timbul kesulitan-kesulit
an yang menimpa diri anak
dengan cara:
8.1 .1 Mengadakan penjelasan atau
ceramah-ceramah.
8.1.2
Mengadakan kelompok belajar.
8.1.3
Mengadakan hubungan harmonis antara anak dengan orang tua
dengan sekolah.
8.2
Korektif : memecahkan
atau mengatasi kesulitan
yang
dihadapi oleh individu.
8.3
Preventif : memelihara
atau mempertahankan yang telah baik.
KEPEGAWAIAN
1. Administrasi Personalisa.
1.1 Secara umum administrasi personalia
terdapat pada kepeg.1 s/d kepeg. 19 perlu dikerjakan secara rutin.
|
18-6-2017
1-7-2017
5-7-2017
10-7-2017
1/5-7-2017
|
BOS/
KOMITE
|
1.2 Rencana
kenaikan pangkat pegawai
No
|
Nama/NIP
|
L/P
|
Pangkat
Gol.Ruang
|
TMT
|
Pengusulan
|
Ket.
|
|
Periode
|
Jml Smt
|
||||||
1.3 Rencana kenaikan gaji berkala.
No
|
Nama/NIP
|
L/P
|
Pangkat
|
Kenaikan gaji berkala
|
Ket.
|
|
Lama
Tgl/No.SK/TMT
|
Kenaikan
berikutnya
|
|||||
1.4
Rencana promosi kepala sekolah.
Sesuai dengan kebutuhan
kecamatan dengan harapan rangking.
No
|
Nama/NIP
|
L/P
|
Pangkat/Gol.
|
TMT
|
Pengusulan
|
Keterangan
|
NO
|
URAIAN
|
WAKTU
|
DANA
|
2.
Menentukan Kebijakan Personalia
Agar semua personalia dapat mengetahui,
memahami
serta mampu melaksanakan permasahan
sekolah, maka
sangat perlu menetapkan kebijakan sebagai
berikut:
2.1 Bidang administrasi sekolah
Semua personalia secara bergilir perlu
mendapat tugas
pda bidang administrasi agar dapat
dikerjakan setiap
hari.
|
Tiap hari
|
Swadaya sekolah
|
No
|
Administrasi
|
Nama Petugas
|
Keterangan
|
1
|
Absensi Pegawai dan Murid
|
Juma’in
|
|
2
|
Mutasi Murid
|
Catur Kristina
|
|
3
|
Perpustakaan
|
Aulia Febriana
|
|
4
|
Laporan Bulan
|
Roni Dwi Prayogo
|
|
5
|
Pengadaan Buku Induk
|
Yulianita RD
|
NO
|
URAIAN
|
WAKTU
|
DANA
|
2.2
Bidang Keuangan.
Semua personalia perlu
mendapat tugas bidang keuangan sekaligus dengan pembukuannya (lihat petugas
keuangan).
2.3
Bidang kekeluargaan.
Untuk membina
kekeluargaan perlu dikembangkan
berbagai hal:
2.3.1
Mempertebal keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan YME.
2.3.2
Menjaga etika pergaulan dengan baik terhadap terha-
dap sesama teman atau
masyarakat sekitar.
2.3.3
Mengembangkan sikap tenggang rasa terhadap
sesama manusia.
2.3.4
Kebijakan harus transparan, sehingga memunculkan
Rasa adil dan
percaya tidak saling mencurigai.
2.3.5
Mengutamakan musyawarah untuk mufakat, setiap menyelesaikan
masalah.
2.3.6
Mengurangi rasa egoisme terhadap diri
sendiri
(masing-masing individu)
2.3.7
Tidak membicarakan kejelekan, atau kekurangan
orang lain.
2.3.8 Harus siap diperingatkan oleh dan dari
siapapun
demi kemajuan dirinya.
2.3.8
Siap melaksanakan tugas secara ikhlas tanpa tekanan.
2.3.10 Memupuk kesadaran guru.
2.3.11 Refresing/penyegaran
karya wisata, olahraga,
rekreasi.
2.3.12
Pemberian penghargaan bagi guru yang
berprestasi.
2.3.13 Bantuan akomodasi
KS/guru.
2.4 Keamanan.
Rasa aman baik secara fisik/lahiriah
dan keamanan
psikis terhadap guru dan murid
perlu ditumbuh
kembangkan.
2.4.1
Keamanan fisik/lahiriah.
b. Keamanan secara umum menjadi tanggung
jawab guru dengan
bekerja sama dengan
masyarakat
sekitarnya.
c. Keamanan kedalam terhadap barang-barang
milik sekolah,
menjadi tanggung jawab semu a
guru serta petugas yang telah ditetapkan.
d. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di
sekolah perlu ditetapkan sebagai
berikut:
|
Tiap bulan
Tiap bulan
Tiap bulan
|
Swadaya sekolah
Swadaya sekolah
BOS
|
No
|
Hari/ Tanggal
|
Petugas Piket
|
Keterangan
|
1
|
Senin
………………
|
1. ST Umi Hanik
2. Yayuk Isnaeni
3. Juma’in
|
Tugas piket:
1. Datang
lebih pagi pulang paling akhir.
2.
Mengawasi anak yang bertugas kebersihan.
3.
Mengefisienkan PBM.
4. Mengawasi
anak pada saat istirahat.
5.
Bertanggung jawab kelancaran sekolah.
|
2
|
Selasa
………………
|
1. Ninis Indarwati
2. Selvy Kresnasari
3.
|
|
3
|
Rabu
………………
|
1. Yulianita R.D
2. Catur Kristina
3. Roni Dwi P.
|
|
4
|
Kamis
………………
|
1. B. Wariati
2. Mutiyah
3.
|
|
5
|
Jum’at
………………
|
1. R. Muji Priyanto
2. Ika Nurohmawti
|
|
6
|
Sabtu
………………
|
1. Juma’in
2. Aulia Febriana
|
(Jadwal piket
terlampir)
NO
|
URAIAN
|
WAKTU
|
DANA
|
5
|
2.4.2
Keamanan psikis.
a.
Pada saat bertugas semua personalia
mendapat perlakuan dan perlindungan yang sama dari Kepala Sekolah.
b.
Semua siswa mendapat perlakuan dan
perlindungan
yang sama dari Kepala Sekolah.
3.
Pengembangan Personalia.
3.1
Diikutkan penataran-penataran tingkat
Nasional/Lokal.
3.2
Aktif mengukuti kegiatan KKG/KKKS.
3.3
Pembinaan pada saat rapat.
3.4
Supervisi kelas oleh Kepala Sekolah setiap semester sekali.
3.5
Supervisi kelas oleh Pengawas TK/SD.
3.6
Didorong untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
3.7
Guru berprestasi.
4.
Penilaian Personalia.
4.1
Penilaian harian: dilakukan Kepala Sekolah dengan buku
Catatan DP 3.
4.2
Penilaian tahunan:
4.2.1
Dinilai pada tanggal 2 Januari Tahun
2015
4.2.2
Unsur Penilaian:
a.
Kesetiaan
b.
Prestasi kerja
c.
Tanggung jawab
d.
Ketaatan
e.
Kejujuran
f.
Kerja sama
g.
Prakarsa
5.
Pemutusan Hubungan Kerja.
5.1
Pegawai negeri: Berdasarkan Peraturan Pemerintah
No.20 Tahun 1975 Jo PP
NO.19 Tahun 1991.
5.2
Pegawai Honorarium.
5.2.1
Ikatan kerja dilakukan sistem kontrak dalam 1 tahun,
tahun
berikutnya dengan memperbaharui kontrak.
5.2.2
Apabila tidak melaksanakan tugas dengan baik, maka
kontrak tahun berikutnya
dihentikan, dengan menggu-
nakan peraturan yang ada
9antara lain: Penghentian
kontrak kerja tanpa
persyaratan apapun)
6.
Pengendalian Personalia.
Untuk menertifkan personalia
perlu mengadakan:
6.1
Daftar hadir guru (harian), dengan menulis jam kehadir-
an dan jam pulang serta
tanda tangan.
6.2
Menyusun tata tertib guru yang antara
lain:
6.2.1
Setiap guru/pegawai tidak hadir harus
ada ijin tertulis / lisan kepada sekolah.
6.2.2
Ijin ditingkat sekolah hanya 1 hari
Jika sakit harus ada
surat keterangan Dokter.
Ijin yang lebih dari 1
hari, harus mengajukan ke Cadin atau Dinas Tingkat II.
Keterangan:
Tanda
absen guru:
Sakit diberi tanda warna
kuning.
Dinas luar diberi tanda
warna hijau.
Tanpa keterangan diberi
tanda warna merah.
INVENTARIS
Untuk menertibkan barang-barang
milik sekolah, perlu ditertibkan administrasinya secara terus-menerus.
1. Buku Pemeriksaan
barang.
1.1
Pemeriksaan barang dilakukan oleh Kepala Sekolah
sekali setiap
semester/pejabat yang terkait.
1.2
Setiap kali pemeriksaan barang,
dilampiri blanko hasil
pemeriksaan.
1.3
Barang-barang yang rusak, hilang, dijual, harus dibuat-
kan berita
acara dan dilaporkan pada Dinas.
2. Kartu
Inventaris Ruangan.
2.1
Setiap ruangan diberi kartu inventaris ruangan: yaitu
untuk mencatat
semua barang yang berada di ruangan
tersebut.
2.2
Penggantian kartu inventaris ruangan dilakukan setiap
tahun atau
apabila terjadi perubahan barang pada ruangan tersebut.
3. Kartu Inventaris Tanah.
4. Buku Inventaris Perlengkapan barang.
4.1
Setiap memperoleh barang dicatat pada
buku inventaris
perlengkapan barang.
4.2
Barang yang telah dicatat diberi kode
lokasi barang
sesuai dengan
peraturan yang berlaku.
5. Daftar Usul Pengadaan.
|
Setiap saat
Tiap saat
Tiap saat
Tiap saat
Mei 2018
Setiap hari
Setiap hari
Juli & Peb
Juli 2016
Juli 2016
Juli 2016
|
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
|
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Keterangan/Alasan
|
NO
|
URAIAN
|
WAKTU
|
DANA
|
|||||||||
6
7
|
6. Inventaris Buku.
6.1
Buku-buku perpustakaan umum: diatur dan disusun
berdasarkan aturan
perpustakaan tersendiri.
6.2
Buku-buku pelajaran/khusus diatur dan disusun berda-
sarkan aturan
perpustakaan tersendiri.
KEUANGAN.
1.
Macam-macam Administrasi Keuangan.
1.1
Buku kas umum: untuk membukukan seluruh uang yang
berasal dari pemerintah.
1.2
Buku kas pembantu: untuk membukukan bagian-bagian
uang sesuai asal
perolehan.
1.3
Laporan keuangan sekolah.
1.4
Laporan seluruh keuangan setiap tahun.
2. Jenis dan Pengelola Keuangan.
3.
Rencana Anggaran pendapatan Sekolah.
3.1
Keuangan gaji.
3.1.1
Dalam satu tahun diperkirakan
3.1.2
Berasal dari pemerintah
3.1.3
Membayar gaji Kepala sekolah Guru dan penjaga.
3.2
Keuangan SBMP
3.2.1
Dalam satu tahun diperkirakan
3.2.2
Berasal dari pemerintah
3.2.3
Penggunaan:
Operasional: membeli
alat-alat pelajaran dan buku
administrasi.
Perawatan: mengecat
dinding, memperbaiki bangku, pintu, selot pintu/almari.
3.3
Keuangan SBPP.
3.3.1
Dalam satu tahun diperkirakan
3.3.2
Berasal dari pemerintah
3.3.3
Penggunaan: Pelaksanaan pelajaran, tata usaha,
kesejahteraan pegawai, pembinaan, pendalaman, pelayanan.
3.4
Keuangan Bea siswa
3.4 1 Dalam satu tahun diperkirakan
3.4.2
Berasal dari orang tua siswa
3.4.3
Penggunaan: diberikan kepada siswa yang berhak, untuk
kepentingan sekolah.
3.5
Keuangan Operasional Sekolah.
3.5.1
Dalam satu tahun diperkirakan
3.5.2
Berasal dari orang tua siswa
3.5.3
Penggunaan: -membayar tenaga honorer (sukwan)
-membayar guru
ekstra kurkuler
-administrasi sekolah
-proses
belajar mengajar
-membeli
alat pelajaran
-kegiatan
KKG/KKKS
-pemeliharaan gedung dan
lingkungan
sekolah.
3.6 Keuangan POPSI/Pramuka
3.6.1
Dalam satu tahun diperkirakan
3.6.2
Berasal dari orang tua siswa
Penggunaan: Membeli peralatan
olah raga/pramuka
Membiayai
kegiatan olahraga/pramuka.
Biaya
perkemahan/pesta siaga
3.7 Keuangan UAS.
3.7.1
Diperkirakan
3.7.2
Berasal dari orang tua siswa kelas VI
3.7.3
Penggunaan: - Biaya ujian praktek
- Biaya ujian tulis
-
Administrasi
- Pasca UAS
3.8 Keuangan partisipasi
kelas I baru.
3.8.1
Diperkirakan
3.8.2
Berasal dari orang tua siswa kelas I
baru.
3.8.3
Dikelola Komite Sekolah untuk
perbaikan pagar sekolah.
3.9 Keuangan Dana sehat.
3.9.1
Satu tahun diperkirakan
3.9.2
Berasal dari orang tua siswa.
3.9.3
Penggunaan: - Membeli obat-obatan ringan
- Membantu
pengobatan anak kurang
mampu.
- Transpot
anak-anak ke Puskesmas.
3.10 Biaya lomba.
3.10.1 Lomba mapel dan
olahraga.
3.10.2 Lomba siswa berprestasi.
3.10.3 Lomba MIPA.
3.10.4 Lomba hari anak
nasional.
3.10.5 Lomba guru berprestasi.
3.11. Kepramukaan.
3.11.1 Biaya latihan.
3.11.2 Biaya LT.1
3.11.3 Biaya LT. 2
3.11.4 Biaya pesta siaga.
3.11.5 Biaya cerdas cermat
galang.
3.11.6 Biaya hari jadi Pramuka.
3.12
Biaya Porseni Tingkat Kecamatan
HUBUNGAN
MASYARAKAT (HUMAS)
1.
Hubungan Sekolah dengan Komite sekolah, Perangkat
Desa, RT, RW.
1.1
Mengadakan rapat lengkap antara Kepala Sekolah dan
Pengurus Komite Sekolah.
1.2
Menerima kehadirannya sewaktu-waktu.
1.3
Dibiasakan mengadakan kunjungan ke rumah Pengurus
Komite Sekolah.
2. Hubungan Sekolah dengan orang tua siswa.
2.1
Dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun yaitu saat penerimaan
raport semester I dan II
dan perpisahan siswa kelas VI.
2.2
Melaksanakan sewaktu-waktu apabila ada masalah khusus.
3. Hubungan sekolah dengan masyarakat sekitar.
3.1
Guru aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masya-
rakat.
3.2
Selalu mengundang masyarakat sekitar apabila sekolah ada
Kegiatan.
Mempersilahkan
kegiatan masyarakat diadakan di sekolah,
dengan catatan saling
menjaga ketertiban, kebersihan, dengan prosedur yang benar.
|
Sep.2016
Tiap bulan
Tiap bulan
Tiap bulan
Tiap
ada
Tidak ada
Tidak ada
Tiap
hari
Mei 2016
Tidak ada
Juli, Agust. ‘16
Tiap bulan
Agt.2016
Agt. 2016
Agt.2016
Mei 2016
Mei 2016
Sesuai jadwal
Mei
2016
Satu
tahun sekali
Desember, Juni
Tiap saat
Tiap saat
|
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
BOS
|
BAB V
PENUTUP
Program kerja ini dibuat sebagai petunjuk bagi
setiap guru dan karyawan yang akan melaksanakan suatu aktivitas, agar aktivitas
itu tidak menyimpang dari program yang telah ditentukan bersama. Dari program kerja ini tercennin suatu pola dan gambaran aktivitas yang
akan dicapai.
Program kerja ini akan menjadi arah dan
pedoman dalam proses pendidikan di SDN Parangargo I. Beberapa informasi yang
dapat diketahui dalam program kerja ini adalah: kondisi obyektif sekolah,
program kerja sekolah, rencana kegiatan sekolah serta permasalahan-pennasalahan
yang ada di sekolah karm dan beberapa alternatif pemecahannya. Dalam program
kerja ini dapat diketahui juga data prestasi sekolah kami untuk waktu satu
tahun yang baru lalu.
Program kerja ini akan dapat dilaksanakan dengan
baik dengan adanya kepedulian dari seinua pihak yang bekerja di SDN Parangargo
I. Kepedulian dan keterlibatan ini menjadi semangat dan dukungan dalam
melaksanakan program kerja ini. Kepedulian dan keterlibatan masyarakat sekitar
merupakan dukungan yang sangat besar untuk terlaksananya program ini dengan
baik.
Kami menyadari bahwa program kerja ini masih jauh dari
sempurna, maka kami selalu terbuka untuk menerima masukan yang dapat membuat
program ini semakin baik dan relevan dengan situasi obyekiif yang ada di
sekolah kami. Maka apabila dikemudian hari terjadi perubahan
karena situasi dan kondisi tertentu, maka pelaksanaan program ini juga akan
mengalami perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar